Sabtu, 30 Agustus 2014

Tip merubah background photo




menghaluskan wajah
Sebuah photo si imut "Selma" terpampang di blog milik mbakyu Devi alias eucalyptus. Sepertinya langsung muncul ide untuk merubah backgroundnya, kasihan dech kalau gadis imut seperti Selma di "kentuti" ama babi hutan yang ada disebelahnya.... he..he..he.. . Mending si Imut dikasih PR untuk mencari LELE biar dibuat sarapan si empunya bidikCOM.... ( Sorri ... ampun... buat yang punya si Imut...... jangan marah, ya !! Ntar tambah muda...eh.... cepet tua....he....he.... emang si empunya bidikCOM tipe orang kurang waras.... ) Coba lihat si Imut lagi mikir, gimana caranya dapat LELE yang bisa dibuat sarapan oleh semua sobat blogger sedunia... (walaaaaahhhh )



Oke..... biar si Imut ndak masuk angin, mari kita bersama-sama mengupas cara merubah background photo tersebut.

1. Buka foto pemandangan sebagai background dan foto si"Imut" yang akan kita rubah. Gambar dibawah merupakan foto air terjun yang kita jadikan background.


2. Pada gambar si "Imut", klik Polygonal Lasso Tool (L) pada Toolbar, kemudian crop gambar si Imut. Setelah itu tekan Ctrl - X untuk memisahkan gambar si Imut dari backgroungnya.

http://i258.photobucket.com/albums/hh242/3prayogi/trik%20merubah%20photo/gb2.jpg
3. Kemudian pada jendela air terjun, tekan Ctrl-V untuk mempaste gambar si Imut. Atur dan sesuaikan besar kecilnya gambar si Imut dengan background air terjun dengan cara tekan Ctrl-T.

http://i258.photobucket.com/albums/hh242/3prayogi/trik%20merubah%20photo/gb3.jpg
4. Langkah selanjutnya memberikan efek bayangan si Imut di air. Buat duplicate layer dari layer si Imut. Kemudian Ctrl-T lalu klik kanan di dalam ruang gambar terseleksi dan klik Flip Vertikal.

http://i258.photobucket.com/albums/hh242/3prayogi/trik%20merubah%20photo/gb4.jpg
5. Atur posisi duplicate layer dengan menggeser ke bawah, kemudian gunakan "Smudge Tool (R)" untuk membuat bayangan sesuai daya kreatif kita. Pada Opacity geser hingga 49 %.

Selesai sudah cara merubah background foto si Imut Selma, semoga bisa menambah pengetahuan bagi kita semua. Untuk sobat yang sudah ahli menggunakan Adobe, tolong dong bagi-bagi Ilmunya..... biar si empunya bidikCOM bisa belajar.... " biar tambah pinter " kata si Tole.

Buat mbak Devi..... ampun seribu ampun ya.... foto si Selma aku culik....




Cara mengganti background foto

Diarsipkan dalam kategori: Tutorial Photoshop Dasar tanggal: 3 September 2008 oleh Mbah Dewo http://content.yieldmanager.edgesuite.net/atoms/8f/f1/f2/61/8ff1f2610a65e05bf62d2b2c66170997.gif
Berikut ini cara untuk mengganti foto background dengan Photoshop. Sebenarnya cara ini mudah sekali, sebenarnya sudah sering saya tuliskan caranya di blog ini. Namun karena masih ada beberapa pertanyaan yang sempat saya tampung, yang intinya masih bingung tentang cara mengganti background, dan memang saya juga belum pernah menulis secara langsung judulnya Mengganti background. Maka pada tutorial Photoshop ini saya tuliskan petunjuknya.
Yang menjadi inti saat kita mau mengganti background adalah kita harus memisahkan lebih dulu antara model foto dengan latar belakang foto sebelumnya. Sedangkan cara untuk memisahkannya adalah dengan membuat seleksi. Tentang pembuatan seleksi, bisa dipelajari dari Kategori seleksi. Yang paling mudah namun tidak saya rekomendasikan adalah menggunakan Lasso.


Langkah mengganti background foto dengan Photoshop

Langkah 1
Bukalah foto yang akan diedit dengan Photoshop

tutorial photoshop ganti background 1
Langkah 2
Buat seleksi pada model fotonya.

tutorial photoshop ganti background 2
Langkah 3
Pilih menu Edit > Copy. Kemudian pilih menu Edit > Paste. Hasilnya akan terjadi layer tambahan, bisa Anda lihat di palet layer (palet ini letaknya di kanan bawah)

tutorial photoshop ganti background 3
Langkah 4
Buka file lain yang akan digunakan sebagai background foto. Setelah file ini dibuka, kemudian pilih Move tool. Dengan tool ini, geserlah gambar dari file yang akan digunakan sebagai latar belakang ke arah file yang sudah dicopy dan paste tadi.

tutorial photoshop ganti background 4
Langkah 5
Ubahlah urutan layernya. Buatlah agar urutan layernya seperti gambar dibawah ini.
Untuk memindah urutannya, bisa dilakukan dengan menggeser nama layernya naik atau turun, diarahkan ke perbatasan tiap nama layer.

tutorial photoshop ganti background 5
Gambar sudah terganti backgroundnya.
tutorial photoshop ganti background 6
Caranya mudah, namun membuat seleksi yang detil memang agak rumit, dan diperlukan jam terbang menggunakan Photoshop. Jadi harus sabar dan rajin berlatih.
Author: R n B | Posted at: 18.01 | Filed Under: Photoshop Seleksi |

Tutorial ini akan membahas tentang teknik mengganti background foto menggunkan filter extract, jika ada yang belum tahu apa itu filter extract silahkan baca disini dulu , setelah membaca artikel tentang extract tersebut.. sekarang sudah tahu kan apa itu filter extract... gampang kan???

Ya sudahlah... sekarang kita mulai saja tutorial nya, pertama buka gambar model nya :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi01BbHeeGvYMhm1HEPrQ6j6XzfjxxRStc5a8u7PwOX-AwuIntArxEu8AOZzf0oWFBL-WFoD2hP-OPuD6gHNgXji8lBChpCwj7BRM3KhuobIDug9YfzTaz26gKe2E_eYLyDrmrcMKxqSVgg/s200/Model+1.jpg











Sekarang gunakan exctract untuk membuat seleksi sehingga diperoleh gambar dengan background transparan seperti :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimDDHX-9GjexZb-dzGO6WRqh1sPbr5R5_Grlu7i4NYXFfGjbFnViXsFuADUc6KRi3I1FpUcsDoi3EHen5lqPSl_Xb9GRMoJ1iVPIZ70_Bgl99BTiln3kFUJt1us2FvF3AfjhWxk4_1AboY/s320/Model+saat+di+filter.jpg


















https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFNyiu0QF3knPiRPM-FTVjbh4BMd2Rc2ZbPAOOV08G12gyFzuia2IJTAO2187ROzoSnAw2vKiJm1SVFf4gkx6-0Lls4A95-o9Xmg7SBY88hSfxCHf5JsrHDeZsStIzBI-aimjBuDM5MsYS/s320/Model+2.jpg


















Setelah itu buka gambar baru yang akan dijadikan background misalnya gambar :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgKO7Co9b-ShUw-Uajt6V3hFUpNrfNY1y5xa85NZ7eKd3yDCyVA3eYA27g3ubiSr0IfK_pYe7TQ1H7B-kQAp69sZfAWhbZQKKFuHdOhdhTfT7yiT2RQhyphenhyphen2uzQuzHBaw8_1ZpTyZsS9A2FMu/s200/by_night_fate.jpg










Lalu menggunkan move tool ( V ), pindahkan gambar model ke gambar background:
( caranya klik icon move tool, lalu klik digambar model, lalu seret model tersebut ke gambar backgound, maka di palete layer akan ada 2 layer, seperti : )

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPsafRUc0CWqGSqN0NpqLs-DtEarXdE_-ldDqOukazy2XkrC9bph3FQNZxvpUR7UZfMcVtxetDNIt97I4C_IOlk_1PL8d078bmNVCEt3NY3MTFu2e8GIsuo2DpjsM37qQnNrCrF379Q-Ni/s320/Model+a.jpg








https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4w7Me0bX61fh_jJjx_GyCTGxZ7S9VqMDFerjTWrf5ZargsCnPvEWxzBPf2pJWoQXmkKfGN3ANEAwfpOL8SaERqqDrCCN_Xq3tQCH2K37YpL_yL2eFJ6av9SEdNhK5y098yMCNuVcuoCCI/s320/Model+b.jpg















Jika gambar background terasa terlalu besar bisa di crop menggunkan crop tool sehingga didapat hasil akhir seperti :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtotk_gDfs5-6O3gKZGGe8xeavlG5T0QyEty0CDAfRoiGKRajfA4hstxhja9_vhI2-zKdlEvTCxAqozjoRzbPnkeyhyMWVxpS4ShKYGwLJMIvSvqiFb7NIOce3GSAScxgjBefdnaPjdRg4/s320/Model+6.jpg

















Nah silahkan berkreasi sendiri dengan macam macam background lain misalnya:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8CaLYYnJiWdIZBs3SaE81E4gqx_FZK6-k7d3Dno1BCMfoFOa-MIP47GkzaRZL5vLe5mcYFdxbRY82qyuZ0GEE6iXisU_4YeYEjJQFio9v2C1ePXi4iPKEP86x6j8Qb8MoTyR6xRLm58Ge/s320/Model+3.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEit9RNaQk3SjCNXJpo31rqV6UySo1c6CxIf_zN8LLVnixCPaK8OKdshlDVsahZo0WxeV_fXdN_og_rj2XeSjjJ7ZwNlcPbr71-nX_8Jn0auLNPY_1NQ3DJD6IFfYoJQU3ebdR6JI0PRlDOG/s320/Model+5.jpg













Membuat Pasfoto Sendiri

Posted by Sigit eko on May 7th, 2008 in Belajar Photoshop, Photoshop Menengah | 41 comments
Merubah atau menghilangkan background di sebuah foto itu gampang banget kalo backgroundnya cuman 1 warna. sekarang gimana kalo ternyata kita punya foto paling keren untuk dijadiin pasfoto tapi background nya pemandangan? Cara Cropping nya gimana yaaa?????  gampang juga kok.. dan malah banyak banget caranya.
Oia.. buat yang blon tau : kalo background nya warna putih doang atau 1 warna saja kita langsung pake MAGIC WAND TOOL aja atau ketik di keyboard huruf “W” buat seleksinya.
Sekarang kita buat pasfoto yang berbackground beraneka warna dan bau :P.
buka foto nya di Adobe Photoshop, terus crop 4×6 seperti yang sudah saya jelaskan di SINI :

http://ilmuphotoshop.com/pasfoto/foto/1.jpg
Gunakan Polygonal Lasso tool untuk seleksi foto yang mau diambil.. Zoom fotonya biar hasilnya bagus.. ini butuh ketelitian. tapi gak usah stress gitu dong.. minum dulu sono !
hasinya musti gini yaa… yang saya malah blepotan… ayo kalahkan saya… ! hehehe.. punya kamu pasti lebih rapi..
http://ilmuphotoshop.com/pasfoto/foto/2.jpg
Setelah seleksi selesai.. Duplikasi background layer dengan mendrag ke bawah (tombol create new layer). Terus hapus Background layer nya.
http://ilmuphotoshop.com/pasfoto/foto/3.jpg
Sekarang kita Inverse selection . Klik Select > Inverse. jadi sekarang yang ke seleksi background nya bukan orang nya.
terus perhalus pinggirnya dengan feather.
Select > Feather kasih radius 1.
Delete deh background nya.. hasilnya seperti ini…
http://ilmuphotoshop.com/pasfoto/foto/4.jpg
Tekan ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.
Sekarang tinggal buat background nya…
klik Create new layer lalu pindahkan layer baru ke bawah background copy.seperti gambar.
http://ilmuphotoshop.com/pasfoto/foto/5.jpg
Abis gitu Klik gradient setting warna nya, kalo gak salah warna pasfoto kan biasanya merah ati gitu kan.. kalo kurang oke, coba-coba aja yaa.. salah.. yaa tinggal UNDO aja.. hehehe..
http://ilmuphotoshop.com/pasfoto/foto/6.jpg
tarik gradient dari tengah mata ke atas.. biar keliatan ada bias cahaya dikit dari belakang.  (posisi kursor ada di layer 1, bukan di background copy. jadi deh..
http://ilmuphotoshop.com/pasfoto/foto/7.jpg
tapi kayaknya kurang halus yaa gambarnya.. pake Erase tool settingannya dirubah ke “Airbrush Soft Round”. trus Pindahkan kursor ke Layer Backround copy. trus hapus pinggirnya dikit-dikit.. yang rapi yaa..
http://ilmuphotoshop.com/pasfoto/foto/8.jpg
kalo masih kurang puas.. atau cahayanya kurang pas.. bisa Klik Image > Adjusment > Brigthness & Contras.. atur-atur disana sampe kira-kira cahaya nya pas.
kira -kira jadinya nanti seperti ini nih…
http://ilmuphotoshop.com/pasfoto/foto/9.jpg
save as deh di format JPG..atau psd buat cadangannya.
SELAMat Mencoba….

Mengganti Background Foto

Posted at 11:31 under Artikel, Tips, rekayasa foto, tutorial
Mengubah background foto dilakukan jika menginginkan background lain selain background awal  untuk menampilkan kesan glamour atau foto studionya hanya mempunyai background yang terbatas hehehe :). Atau kita hanya punya dana terbatas sehingga tidak punya kesempatan untuk mengabadikan momen indah kita di studio profesional.
Tentunya tetap dengan photoshop CS atau sejenisnya asalkan anda punya…atau dengan cara pinjam teman atau tetangga.Dengan cara-cara sederhana dan tentunya anda harus mengikuti prosedur hasilnya akan memuaskan bahkan bisa mengalahkan tukang profesioanl [wuihhh... sombong ne].
langkah 1 : buka file sebagai background yang kita inginkan. Untuk trial ini aku pake wallpaper “dreaming wallpaper” yang sudah tersedia di file dokumen.
menggabungkan-dua-gambar1.jpg
langkah 2: setelah itu open file foto yang kita inginkan, dan untuk percobaan ini aku pinjem foto prewedding saudaraku yang cantik si Astri [pinjem ya neng....entar ada komisinya nih :)].
menggabungkan-dua-gambar-1.jpg
langkah 3 :  select foto yang kita inginkan agar background foto awal tidak ikut serta karena kita hanya menginginkan obyek fotonya saja dengan bantuan magnetic lasso tool yang ada di toolbar sebelah kiri, caranya dengan mendrag dan klik mouse 2 kali jika sudah selesai. Hasilnya seperti ini :
menggabungkan-dua-gambar2.jpg
langkah 4: copy dan paste pada background yang kita inginkan.
menggabungkan-dua-gambar3.jpg
langkah 5: klik menu edit dan sorot ke freeform untuk memperkecil obyek foto sesuai dengan yang kita inginkan.
menggabungkan-dua-gambar4.jpg
langkah 6: setelah ukuran obyek foto sesuai dengan backgroundnya save dan hasilnya akan seperti ini :
menggabungkan-dua-gambar5.jpg
Gimana…….anda mau coba? Monggo……..   :)






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar